Yuk Simak 5 Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

 

Terkadang ada aplikasi bawaan Hp yang sulit dihapus dan menyulitkan penggunanya karena terlalu banyak menyita memori. Sejauh ini, cara yang paling mudah adalah menggunakan metode device administrator. Bagi anda yang penasaran, yuk simak cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus dengan metode tersebut sebagai berikut.

Tahapan Menghapus Aplikasi yang Sulit Dihapus

  1. Buka Menu Setting atau Pengaturan

Tahapan pertama yang harus dilakukan untuk menghapus sebuah aplikasi yang sulit untuk dihilangkan adalah membuka menu setting atau pengaturan. Menu tersebut adalah bagian penting yang selalu terdapat dalam sebuah smartphone. Fitur tersebut memungkinkan pemilih HP untuk mempersonalisasi android sesuai dengan keinginannya.

Hal hal terkait dengan aplikasi dan keamanan juga dapat diatur melalui menu yang satu ini. Bahkan apk yang sulit untuk dihapus juga dapat diuninstal melaluinya sesuai dengan keperluan pemilik Hp. Pada beberapa device, fitur tersebut juga dikenal dengan istilah “Setelan”. Perbedaan ini terjadi karena spesifikasi serta merek Hp nya yang tidak sama.

  1. Pilih Fitur Security

Apabila anda ingin menghapus aplikasi biasa, hanya perlu memilih menu “Aplikasi dan Notifikasi”. Namun jika aplikasinya sulit dihilangkan maka anda harus klik bagian “Security”. Bagian ini di dalamnya memuat berbagai pengaturan tentang keamanan Hp, mulai dari lock screen, password, dan bahkan hal hal lain yang berkaitan dengan privacy dan app encryption.

  1. Klik Bagian Device Manager atau Device Administrator

Setelah membuka menu security, anda bisa cari yang tulisannya “Device Manager”. Bagian tersebut biasanya berada di bagian bawah sehingga anda perlu scroll terlebih dahulu. Lokasi tepatnya berada setelah SIM Card settings. Akan tetapi, setiap merek gadget bisa saja berbeda sehingga anda harus mencarinya sendiri.

Apabila masih belum menemukannya, coba cari berbagai tutorial yang sesuai dengan jenis android anda. Meskipun begitu, hal ini cukup umum sehingga seharusnya anda dapat menemukan bagian “Device Manager” di dalam menu security. Bagian ini sangat penting sehingga setiap smartphone pasti memilikinya.

  1. Klik Aplikasi yang Ingin Dihapus dan Pilih Deactivate

Selah menemukan bagian Device Manager, tahapan selanjutnya adalah memilih aplikasi yang hendak dihapus. Pastikan terlebih dahulu bahwa apk tersebut benar benar tidak berguna. Jika dirasa sudah yakin, barulah anda bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya dengan menekan pilihan “Deactivate”.

Meskipun apk tersebut tergolong bloatware, terkadang mereka memiliki fungsi yang penting dalam sebuah Hp. Oleh karena itu, anda harus pastikan dihapusnya mereka tidak berpengaruh buruk dalam sistem. Terkait dengan hal ini, anda bisa browsing terlebih dahulu sehingga jauh lebih yakin dengan keputusan yang akan dibuat.

  1. Pilih Force Stop dan Klik Ok

Langkah terakhir apabila ingin menguninstall aplikasi adalah dengan klik force stop kemudian pilih ok. Software yang tidak mudah dihapus pasti memang dirancang seperti itu oleh produsennya. Entah karena fungsinya yang penting atau memang mereka ingin meningkatkan pengguna apk yang ikut dikembangkannya.

Cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus memang jauh lebih rumit dibandingkan dengan apk yang biasa. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk dicoba apabila Hp anda mulai lemot karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Kendala ini hanya bisa diperbaiki apabila anda meringankan kinerja android dengan menguninstal beberapa aplikasinya.

Langkah mudah yang telah disebutkan tadi semoga bisa membantu anda yang ingin menghentikan kinerja sebuah aplikasi di dalam gadget. Dengan begitu, ruang yang ada di dalam RAM bisa dialihfungsikan untuk keperluan yang lain. Menurut situs rekomendasi aplikasi android, cara ini juga cukup ampuh untuk menjaga performa gadget.